Apa Itu Aplikasi Rekam Medis Excel? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya

Apa Itu Aplikasi Rekam Medis Excel_ Berikut Penjelasan dan Manfaatnya

Aplikasi rekam medis excel ini tentunya sangat mendukung kinerja dari para tenaga medis yang ada. Munculnya aplikasi ini memungkinkan adanya digitalisasi data-data penting yang sangat berguna bagi pelayanan kesehatan. Namun, seberapa penting aplikasi rekam medis ini? Yuk simak ulasannya di bawah ini. 

Apa Itu Aplikasi Rekam Medis Excel?

Bagi Sobat Vmedis yang tidak bekerja di bidang kesehatan tentunya cukup asing dengan aplikasi rekam medis ini. 

Perlu Sobat Vmedis ketahui, bahwa aplikasi rekam medis ini merupakan kumpulan data atau informasi yang berisi tentang kondisi dari seorang pasien yang mendapatkan layanan kesehatan. 

Nah, informasi ini berisi kartu riwayat pemeriksaan pasien hingga tindakan apa saja yang pernah pasien dapatkan selama berobat. 

Seseorang yang mengelola data-data atau informasi ini adalah seorang staf ahli dalam informasi medis atau petugas rekam medis. Fungsi dari pengolahan data oleh petugas rekam medis ini adalah sebagai pedoman pemeliharaan serta langkah awal dalam melakukan pengobatan pada seorang pasien. 

Selain itu, rekam medis ini juga berguna sebagai dokumen pembuktian dalam pengadilan, sumber penelitian dan edukasi, data statistik kesehatan, hingga pedoman pembayaran pelayanan kesehatan pasiennya. 

Manfaat Aplikasi Rekam Medis Excel

Apabila Sobat Vmedis sudah paham mengenai apa itu aplikasi rekam medis, maka Sobat Vmedis juga harus tahu apa manfaat dari penggunaan aplikasi rekam medis ini. 

1. Pelayanan Lebih Efektif

Dalam dunia yang serba digital seperti saat ini, adanya aplikasi rekam medis ini tentu sangat penting bagi dunia kesehatan. Khususnya sebagai aplikasi yang berisi data informasi pasien. 

Tentunya penanganan data rekam medis secara manual akan memakan waktu cukup lama. Terlebih lagi jika datanya masih berupa kertas berkas yang mungkin lebih sulit untuk Sobat Vmedis temukan. 

Oleh karena itu, adanya aplikasi rekam medis excel ini tentunya bisa mempermudah pekerjaan Sobat Vmedis. Layanan informasi pun akan terasa jauh lebih efektif dan efisien. Terlebih jika aplikasi tersebut sudah berbasis online, yang datanya tidak akan rusak dan mudah menemukannya. 

2. Minim Terjadinya Human Error

Pendataan rekam medis secara manual biasanya memiliki banyak sekali risiko terjadinya kesalahan. Apalagi yang berbasis human error. Data-data yang ada pun bisa bercampur tidak karuan, sehingga membuat data penanganan medis menjadi terhambat. 

Keberadaan dari sebuah aplikasi ini tentunya akan mengurangi risiko human error tersebut. Nah, yang perlu Sobat Vmedis ingat adalah bahwa rekam medis pasien ini merupakan pedoman bagi dokter dalam melakukan tindakan nantinya. 

3. Bisa Meningkatkan Pelayanan Kesehatan

Manfaat lain dari penggunaan aplikasi rekam medis ini adalah kecepatan dalam menemukan informasi yang sedang Sobat Vmedis butuhkan. 

Berkat adanya kecepatan ini, maka akan membuat tindakan untuk pasien bisa terlaksana dengan segera. Pelayanan yang cepat ini tentunya bisa membuat pasien menjadi lebih mudah mendapatkan pertolongan dari dokter. 

Jika efisiensi dan kecepatan dalam menemukan informasi ini tidak Sobat Vmedis maksimalkan, maka untuk penanganan pasien pun akan tersendat. 

Jadi, Tertarik Menggunakan Aplikasi Rekam Medis Excel?

Inilah penjelasan singkat mengenai aplikasi rekam medis dan beberapa manfaatnya. Adanya aplikasi rekam medis ini tentunya sangatlah bermanfaat bagi dunia medis.Bagi Sobat Vmedis yang ingin membeli Software Klinik sebagai aplikasi rekam medis excel, bisa langsung melalui Vmedis.com. Mengapa harus Vmedis? Sebab, Vmedis merupakan software apotek klinik yang sudah membantu ribuan apotek dan klinik untuk mengelola stok obat dan keuangan, termasuk untuk rekam medisnya

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?