Solusi Meningkatkan Efisiensi Layanan Kesehatan

Solusi Kesehatan

Solusi Kesehatan – Tidak ada orang yang ingin jatuh sakit. Itulah kenapa saat ada pasien yang mendatangi Anda, sudah seharusnya mereka mendapatkan layanan kesehatan dengan kualitas baik. Apalagi pelayanan kesehatan memang termasuk salah satu hak asasi warga negara Indonesia yang perlindungannya ada dalam UUD 1945 Pasal 28H Ayat (1), (2), dan (3) dan Pasal 34 Ayat (1), (2), dan (3).

Akan tetapi, pada praktiknya pelayanan kesehatan di Indonesia masih belum merata, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Padahal di tengah era digital seperti sekarang, seharusnya efisiensi layanan kesehatan bisa meningkat berkat perkembangan teknologi. Kabar baiknya, selalu ada ruang untuk melakukan perbaikan. Ini dia beberapa solusi yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan efisiensi layanan kesehatan.

Menyediakan data layanan dokter yang mudah diakses

Setiap klinik biasanya memiliki lebih dari satu dokter untuk menangani para pasien. Walaupun mungkin ada beberapa dokter dengan spesialisasi sama, biasanya pasien tetap memilih untuk konsultasi dan memeriksakan diri pada dokter yang sama. Masalahnya, tidak selamanya dokter tersebut berada di klinik. Beberapa dokter juga memiliki tanggung jawab untuk berjaga di rumah sakit tertentu. Jadi, mau tidak mau pun pasien harus menyesuaikan diri dengan jadwal dokter.

Di sinilah data layanan dokter berperan sangat penting terhadap efisiensi layanan kesehatan. Melalui platform khusus, sediakan data layanan seluruh dokter yang bertugas di klinik Anda. Jangan hanya cantumkan bidang spesialis atau keahlian sang dokter, tapi juga jadwal praktiknya.

Selain itu, pastikan data layanan ini bisa diakses dengan mudah dan praktis oleh pasien dari mana saja. Dengan begitu, pasien bisa mengecek jadwal praktik dokter sebelum melakukan kunjungan. Hal ini tentu dapat menghemat waktu dan energi pasien. Tentu sangat efisien, bukan?

Ambil antrean online

Menunggu merupakan sebuah aktivitas yang cukup memakan waktu. Sayangnya, justru hal ini yang sering terjadi dan harus dilalui oleh pasien Anda saat hendak bertemu dengan dokter di klinik untuk berkonsultasi. Jika tidak datang awal, kemungkinan besar pasien harus antre cukup lama di dalam klinik. Hal-hal seperti inilah yang dapat membuat pasien merasa tidak mendapatkan layanan kesehatan yang efisien.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan?

Menerapkan sistem antrean online sangat layak dipertimbangkan. Ciptakan sebuah sistem di mana pasien bisa mengambil nomor antrean secara online. Cantumkan pula informasi tentang prediksi waktu kapan pasien bisa bertemu dengan dokter praktik yang dituju. Dengan begitu, pasien dapat mengira-ngira sendiri kapan ia harus sampai di klinik sehingga pasien bisa memanfaatkan waktunya untuk melakukan hal-hal lain yang dinilai lebih produktif.

Peringatan pasien kontrol

Dokter bukan satu-satunya orang yang memiliki kesibukan tinggi. Ingatlah bahwa pasien Anda juga harus mencari waktu kosong demi menjaga kesehatan dan bertemu dengan dokter di klinik Anda. Karena padatnya kesibukan juga, terkadang ada pasien yang lupa untuk melakukan kontrol dengan dokter. Hal ini tentu dapat merugikan karena pasien jadi harus mencari-cari waktu luang lagi demi kontrol. Belum lagi jika dokter yang dituju hanya membuka praktik selama beberapa hari sekali.

Nah, agar hal seperti itu tidak terjadi, sekaranglah saatnya menyediakan fitur peringatan pasien kontrol. Gunakan aplikasi klinik seperti Vmedis yang memilki fitur ini. Fitur ini menyediakan database berisi daftar pasien dan masing-masing jadwal kontrolnya. Sebelum hari-H kontrol, pasien akan mendapat notifikasi atau peringatan berupa SMS terkait jadwal kontrol.

Peningkatan efisiensi layanan kesehatan memang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Dibutuhkan proses untuk mencapainya. Namun, ketiga solusi di atas bisa membantu mempercepat efisiensi layanan kesehatan di klinik Anda. Selamat mencoba!

Share