Software Klinik Memudahkan dalam Melacak Rekam Medis Pasien

 

Rekam medis merupakan catatan dan dokumen yang berisi tentang kondisi kesehatan pasien. melalui catatan dan dokumen tersebut, dapat ditentukan tindakan lebih lanjut dalam upaya pelayanan maupun tidakan medis lainnya terhadap pasien yang sedang ditangani. Rekam medis perlu disimpan dan dijaga kerahasiannya. Oleh karena itu, penting agar rekam medis pasien dapat dilacak dengan mudah ketika dibutuhkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan software klinik. Bagaimana informasi lengkapnya? Cek informasi di bawah ini!

Registrasi pasien melalui software klinik

Proses Registrasi Pasien adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mendaftarkan diri seorang pasien. Melalui menu ini, semua data yang berkaitan dengan pasien akan disimpan dengan rapi dan mendetail. Dalam transaksi registrasi ini, petugas klinik akan memasukkan semua data diri pasien. Data registrasi pasien sendiri merupakan salah satu aset penting untuk klinik. Karena data registrasi pasien terkait dengan semua laporan yang ada, mulai dari berapa jumlah pasien, laporan kunjungan pasien, hingga rekam medis pasien.

Pemeriksaan terhadap pasien

Sebelum pemeriksaan terhadap pasien dilakukan, terlebih dulu pasien akan diminta melakukan registrasi pada software klinik. Selanjutnya, pemeriksaan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasien berdasarkan seluruh data yang dimasukkan ke dalam aplikasi tersebut. Anda bisa menemukan detail data-data pada fitur pemeriksaan pasien. Dengan begitu, petugas klinik akan lebih mudah menentukan tindakan medis yang dibutuhkan pasien tersebut.

Fitur rekam medis dalam software klinik

Fitur rekam medis yang terdapa dalam software klinik merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk mencatat rekam medis pasien. Dengan tersedia fitur rekam medis ini, maka segala jejak rekam medis pasien akan tersimpan dengan rapi dan mendetail. Semua data rekam medis pasien juga akan lebih mudah ditemukan atau dilacak kapan pun dibutuhkan, karena semua data rekam medis pasien tersimpan dalam komputer.

Selain itu, semua menu transaksi klinik ini juga dilengkapi dengan laporan dalam setiap transaksinya. Melalui fitur lapiran, pemilik klinik akan dengan mudah mengetahui data transaksi dalam kliniknya kapan pun diinginkan dan dibutuhkan. Semua data transaksi juga akan tersimpan dengan rapi di dalam komputer pengguna sistem informasi klinik yang disediakan software klinik.

Data Rekam Medis Pasien merupakan salah satu aset yang terdapat di dalam sebuah klinik. Untuk itu, semua Data Rekam Medis Pasien haruslah dicatat dan disimpan secara baik dan mendetail. Karena bila suatu saat Data Rekam Medis dibutuhkan, pihak admin akan mudah menemukannya.

 

 

 

Data rekam medis pasien yang terdapat dalam software klinik

Tersedia beberapa data yang dapat memperjelas rekam medis pasien yang terdapat dalam software klinik. Semua data dimasukkan ke dalam kolom informasi data rekam medis pasien. Di antaranya adalah:

  • Diagnosa

Diagnosa adalah kolom yang digunakan untuk menulis diagnosa yang diberikan dokter kepada pasien. Data diagnosa tersedia di dalam Data Penyakit ICD-10 yang secara otomatis akan terlihat jika pihak admin menekan tombol cari yang terdapat pada bagian kanan dari kolom diagnosa.

  • Keluhan

Kolom keluhan merupakan sebuah kolom yang menjadi tempat menuliskan segala keluhan yang dikeluhkan pasien

  • Pemeriksaan

Untuk menuliskan jenis pemeriksaan yang telah dilakukan, tersedia juga kolom ‘Pemeriksaan’. Di dalam kolom ini, pihak admin dapat menuliskan semua pemeriksaan yang dilakukan pasien.

  • Terapi

Kolom ‘Terapi’ dibuat untuk menuliskan jenis terapi yang akan dilakukan oleh pihak klinik. Jika tidak menggunakan terapi, maka kolom terapi bisa dikosongkan.

  • Pemeriksaan Penunjang

Di dalam kolom‘Pemeriksaan Penunjang’, pihak admin dapat mengisikan jenis pemeriksaan yang dapat menjadi penunjang kesembuhan pasien.

  • Alergi Obat

Kolom alergi obat berguna jika dari pihak pasien memiliki alergi terhadap obat tertentu. Informasi ini bisa dijadikan pedoman agar tidak memberikan obat yang bisa menyebabkan alergi pada pasien.

  • Resep

Kolom resep dimanfaatkan untuk menuliskan resep yang akan diberikan kepada pasien setelah melakukan pemeriksaan.

 

Itulah informasi software klinik yang memudahkan dalam melacak rekam medis pasien. Bila ingin mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mencoba menggunakan software klinik yang disediakan oleh Vmedis. Jadi, tunggu apalagi? Segera gunakan software klinik terpercaya, Vmedis.

Share