Software Apotek Terbaik Untuk Bisnis Apotek Anda

Dalam mengelola bisnis sebuah apotek tentu tidak terlepas dari sebuah sistem akuntansi yang baik, karena mengingat barang-barang yang dijual pada apotek tersebut merupakan obat-obatan yang memiliki batas tanggal kadaluarsa. Nah oleh karena itu apotek sebaiknya di tata dan juga dikelola dengan baik, terstruktur, dilihat dari segi stok keluar masuknya barang, secara keuangan, ataupun akuntansi kasirnya. Sehingga dengan berkembangnya kemajuan informasi dan inovasi yang bermunculan, apotek harus memiliki atau mengenal software apotek terbaik yang harus digunakan.

VMedis merupakan program atau aplikasi untuk dapat membantu dan meringankan usaha apotek yang Anda miliki, baik dalam mengelola keuangan dan penjualan obat. Jika software apotek terbaik pasti memiliki fitur yang sangat lengkap dan juga harga yang tergolong murah.

Apabila Anda menggunakan program atau software ini, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan sebuah transaksi penjualan obat serta keperluan yang berkaitan dengan apotek akan terasa lebih mudah dan ringan karena terbantu dengan adanya fitur-fitur yang akan sangat memudahkan Anda. Untuk Anda yang penasaran dengan fitur software apotek, kami akan membantu Anda untuk mempelajarinya, berikut ulasan penjelasannya.

Fungsi VMedis, Software Apotek Terbaik Untuk Bisnis

• Stok Obat dan Stok Opname Obat

perhitungan stok obat otomatisMaksudnya adalah Anda dapat dengan mudah mengecek stock obat yang tersedia di apotek Anda yang sudah dikeluarkan, tanpa harus meneliti satu persatu obat yang ada.

Selain stock obat yang tersedia Anda juga dapat mengecek stok opname obat dengan bantuan software Anda dapat memantau persediaan obat yang belum terjual atau masih disimpan, sehingga akan lebih mudah dalam mengontrol keberadaan obat yang masih tersedia.

• Hutang piutang

Hutang piutang yang Anda miliki dalam pembelian barang atau obat dapat terdeteksi, baik jika terdapat sales obat yang menawarkan jenis obat yang masuk ke dalam apotek Anda maupun obat yang sudah keluar atau dibeli. Sehingga Anda tidak perlu bingung jika memiliki hutang piutang yang dimiliki.

• Pembeliaan obat baik secara tunai atau hutang akan dicatat dalam aplikasi software apotek yang Anda gunakan. Setiap kali terdapat obat yang masuk atau dikatakan obat baru maka akan langsung tercatat jika Anda membelinya tidak secara tunai.

Software Apotek Vmedis - Penjualan Obat umum - racikan -resep• Penjualan obat baik itu penjualan obat bebas maupun obat secara resep (racikan) dapat dihitung secara langsung, berapakah obat bebas atau obat racikan yang sudah terjual dan sisa berapakah obat yang masih baik untuk digunakan, semuanya akan terkontrol dengan baik jika menggunakan software apotek terbaik.

Software Apotek Vmedis - Laporan Laba Rugi Apotek• Terdapat fitur transaksi keuangan, rugi laba, neraca keuangan dan rekapitulasi pajak yang dapat Anda gunakan untuk menghitung banyaknya obat yang sudah terjual.

Bagi Anda yang masih bingung dalam menggunakan software apotek, ternyata dalam cara penginstallan atau cara mengoperasikan software ini sangatlah mudah, tanpa Anda meminta bantuan orang lain.

Dengan menggunakan bahasa Indonesia juga sangat membantu Anda dalam menjalankan software tersebut, selain itu proses pengkodean otomatis juga disediakan di dalam software apotek terbaik VMedis ini.

Dengan begitu Anda dapat dengan mudah untuk mengetahui jumlah stock atau spesifikasi obat yang masih tersedia di apotek Anda. Software apotek terbaik tentu juga dilengkapi dengan tutorial pengoperasian sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan saat menggunakan pertama kali.

Keunggulan VMedis Sebagai Software Apotek Terbaik

Selain fitur-fitur yang sudah dijelaskan di atas, kami juga akan menjelaskan lebih detail fitur yang dapat Anda gunakan dengan menggunakan software apotek terbaik sehingga Anda semakin mantap jika akan menggunakannya, berikut penjelasannya.

1. Database Program Apotek

Fungsi yang diberikan yaitu untuk manajamen dari database software apotek Anda, yang terdiri dari tiga menu pilihan:
• Koneksi database yang dapat digunakan untuk menghubungkan database ke program.
• Backup database digunakan untuk membackup database dari komputer ke flashdisk/hard disk.
• Restore database digunakan untuk mengembalikan database yang sudah dibackup.

2. Utilitas Software Apotek

Di dalam menu ini terdapat beberapa menu yang menunjang untuk aplikasi, misalnya seperti:
• Identitas apotek yang digunakan untuk memasukan nama apotek, alamat, nomor telepon, dll.
• Data dokter yang digunakan untuk memasukan data dokter yang bekerjasama dengan apotek Anda.
• Test printer digunakan untuk mencoba printer yang dimiliki oleh apotek Anda apakah ukuran kertas sudah sesuai dengan printer yang digunakan.
• Buat grup akses yang digunakan untuk membuat grup akses bagi pengguna software apotek terbaik.
• User program digunakan untuk memasukan nama-nama yang akan menggunakan program yang sesuai dengan grup akses yang telah dibuat sebelumnya.

3. Data Obat Aplikasi Apotek

• Data supplier digunakan untuk memasukan data supplier atau data PBF (Pedagang Besar Farmasi).
• Data satuan digunakan untuk memasukan data satuan penjualan obat yang ada di apotek Anda.
• Kategori obat digunakan untuk mengelompokan obat berdasarkan kategori yang dibuat.
• Data obat digunakan untuk memasukan data obat yang akan dijual di apotek Anda.
• Biaya tindakan digunakan untuk memasukan biaya tindakan jika apotek yang ada digabungkan dengan klinik yang Anda gunakan.

4. Transaksi Software Apotek

Software Apotek Terbaik• Transaksi pembelian digunakan untuk memasukan data pembelian atau juga kulakan obat yang ada di apotek Anda dari PBF.
• Menu penjualan digunakan untuk memasukan data penjualan dari apotek Anda ke customer.
• Menu lihat harga digunakan untuk melihat harga di apotek Anda apabila ada pertanyaan yang Anda terima dari customer.
• Update harga digunakan untuk memasukan perubahan harga tanpa Anda harus membeli stock obat terlebih dahulu.
• Menu retur penjualan digunakan untuk memasukan data obat yang telah dikembalikan oleh pembeli ke apotek Anda.
• Menu retur pembelian yang digunakan untuk memasukan data obat yang dikembalikan oleh apotek Anda ke PBF.
• Stock opname menu ini digunakan untuk proses stock opname data obat di apotek Anda.

Itulah beberapa penjelasan yang terkait dengan penggunaan software apotek terbaik yang dapat Anda gunakan. Hanya dengan menggunakan software tersebut Anda dapat dengan mudah menjalankan sistem operasi komputer dan juga dapat membantu Anda dalam memasukan jenis obat yang sesuai dengan aturan kefarmasian.

Dengan menggunakan aplikasi software apotek ini Anda juga akan mendapatkan aplikasi tentang menu laporan software apotek yang didalamnya dapat digunakan untuk proses cetak laporan yang dihasilkan oleh program apotek Anda.

Contoh laporan-laporan yang dihasilkan dalam penggunaan pengelolaan apotek Anda seperti laporan obat, laporan supplier, pembelian obat, laporan penjualan obat, laporan pendapatan, laba rugi, laporan retur penjualan dan pembelian, laporan obat hasil dan obat kadaluarsa, harga obat, stock obat, dan laporan biaya tambahan. Sekian informasi yang kami berikan untuk Anda mengenai software apotek terbaik untuk bisnis Anda, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.