Sistem Informasi Apotek Berbasis Web Vmedis Yang Mudah

Sistem informasi apotek berbasis web adalah sistem yang dikembangkan untuk mempermudah koneksi pihak pihak yang berkepentingan dalam hal mengurus obat obatan yang diperlukan. Dalam perkembangan teknologi, web merupakan salah satu media yang paling efektif untuk mempromosikan produk ataupun mengelola sebuah bisnis. Hanya dengan sebuah website, kita bisa menyetorkan beberapa data yang bisa diakses secara mudah oleh mereka yang memiliki otoritas terhadap web tersebut.

Pihak pihak yang dapat mengakses sistem informasi apotek berbasis web adalah:

Sistem Informasi Apotek Berbasis Web

  • Admin

Admin adalah orang yang bertugas mengelola data di dalam sistem, mulai dari database obat obatan hingga data pengguna.

  • Apoteker

Dalam sistem, apoteker berwenang melihat obat apa saja yang telah diresepkan oleh dokter untuk kemudian disiapkan.

  • Kasir

Ruang gerak kasir dalam sistem informasi ini lebih terbatas dibanding admin atau apoteker. Admin hanya bisa melihat nama user serta jumlah yang harus dibayarkan. Kasir juga bertugas memastikan data transaksi diinput dengan benar ke dalam sistem agar tidak terjadi kekacauan dalam pembukuan apotek.

  • Dokter

Sebagai pihak yang berwenang meresepkan obat kepada pasien, dokter mempunyai akses untuk melihat profil pasien serta menginput obat apa saja yang dibutuhkan pasien tersebut.

  • Pasien

Di antara semua pihak yang terlibat dalam sistem informasi apotek berbasis web, wewenang pasien adalah yang paling terbatas. Pasien hanya dapat melihat nama nama obat bserta jumlah uang yang mesti ia bayarkan pada saat menebus obat.

Tampilan Aplikasi Apotek Vmedis2Sistem informasi apotek berbasis web berperan sangat penting dalam menciptakan pelayanan yang lebih efektif dan efisien dari sebuah apotek. Sistem informasi ini membuat proses penyiapan obat yang bersumber dari resep dokter memakan waktu lebih sedikit. Hal ini tentu saja akan mendapat respon positif dari pasien.

Tak hanya sampai disitu, sistem informasi berbasis web juga ternyata memberikan kemudahan bagi pasien yang ingin membeli obat non resep. Obat non resep adalah obat yang tidak secara langsung direkomendasikan oleh dokter. Obat yang dapat dibeli tanpa resep biasanya adalah obat yang bersifat umum seperti pereda nyeri atau antibiotik dengan spesifikasi tertentu.

Jika ingin membeli obat tanpa resep, calon pembeli hanya perlu membuka website apotek yang akan dituju. Lalu, masukkan nama dan jumlah obat yang akan dibeli. Setelah menunggu beberapa menit, website apotek akan menampilkan konfirmasi dan ketersediaan obat. Jika sudah selesai, pasien bisa langsung menebus obat di apotek dengan menyebutkan id user atau resep yang telah didapatkan sebelumnya.

Tidak semua apotek telah mengadopsi sistem informasi seperti ini. Masalah utama biasanya terletak pada besaran biaya yang harus dihabiskan. Membuat sistem informasi memang bukan perkara mudah, karenanya penyedia jasa biasanya mematok tarif yang lumayan tinggi. Tapi tentu saja tarif tinggi tersebut akan membawa hasil yang sebanding.

Sistem informasi apotek berbasis web membuat alur pelayanan menjadi lebih jelas. Selain itu sistem informasi ini bisa sekaligus berfungsi sebagai database apotek yang menyajikan stok obat-obatan, stok obat hampir kadaluwarsa, serta obat dengan penjualan tertinggi.

Bagi Anda yang ingin menggunakan sistem informasi apotek dengan basis website, Aplikasi Apotek VMedis merupakan software untuk apotek terbaik yang bisa menjadi pilihan. Selain mudah untuk dioperasikan, VMedis juga memiliki beragam fitur yang akan memudahkan Anda dalam mengelola apotek. Apalagi, VMedis merupakan software apotek murah dengan kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.