Pentingnya Sistem Informasi Rekam Medis pada Klinik

Mengapa Menyimpan Data Rekam Medik Melalui Sistem Informasi Terintegrasi Penting PEXELS

Sistem informasi rekam medis merupakan salah satu bagian dari sistem informasi fasilitas kesehatan. Informasi rekam medis adalah data yang berisi tentang data diri beserta riwayat pasien.

Agar membantu kesembuhan pasien dengan maksimal, rekam medis harus terus diperbarui sesuai dengan kondisi pasien yang terkini.

Sebagai sebuah penyedia pelayanan kesehatan, klinik pun diharuskan memiliki rekam medis pasien. Terlebih kini jumlah pasien yang berkunjung ke klinik juga tidak bisa diremehkan jumlahnya.

Dinamika pasien pun terus terjadi tiap harinya. Untuk itu, diperlukan sebuah sistem yang akurat pada klinik.

Membantu kinerja perawat

Perawat adalah lini utama di seluruh fasilitas kesehatan, termasuk klinik. Anda mungkin akan mendapatkan penanganan medis pertama dari seorang perawat.

Di sinilah keberadaan sistem informasi rekam medis yang baik menjadi penting. Jika rekam medis tersusun secara akurat dan sistematis, maka perawat pun bisa memberikan pertolongan pertama yang tepat dengan mempelajari rekam medis Anda sebelumnya.

Selain itu, dengan adanya sistem ini perawat juga tidak harus mondar-mandir untuk mendapatkan lembaran rekam medis Anda.

Mereka cukup berada di unitnya dan mempelajari kondisi Anda sebelum memberikan penanganan. Jelas lebih efisien jika dibandingkan dengan rekam medis yang masih manual.

Mempercepat penanganan dari tenaga kesehatan

Dengan sistem informasi rekam medis, Anda juga bisa mendapatkan penanganan dengan lebih cepat. Mereka bisa dengan cepat mempelajari rekam medis.

Anda yang telah terdigitalisasi dan menjadikannya pertimbangan sebelum mengeluarkan diagnosis. Sistem informasi rekam medis yang mutakhir bahkan akan mencantumkan kondisi Anda pada kunjungan sebelumnya hanya dalam hitungan detik saja.

Bayangkan saja jika rekam medis Anda masih berbentuk lembaran konvensional. Tentu akan diperlukan beberapa waktu untuk menyusun kondisi kesehatan Anda secara sistematis berdasarkan kunjungan.

Belum lagi jika tulisan yang terdapat di dalamnya sudah mulai pudar dan sulit untuk dimengerti, tentu akan menyulitkan pasien, bukan?

Menjadi dasar untuk menentukan pembiayaan

Selain berguna bagi unit penanganan medis, Sistem yang baik juga bisa membantu unit keuangan klinik.

Unit keuangan akan terbantu untuk menentukan pembiayaan pasien karena setiap tindakan, penanangan, serta pengobatan akan langsung tercatat dalam sistem informasi rekam medis.

Dengan begitu, tidak akan ada lagi risiko pasien harus membayar dobel untuk satu jenis tindakan. Tidak ada juga data yang bertumpuk karena pada sistem initidak memungkinkan sebuah data diisi oleh dua user dalam waktu yang sama.

Risiko-risiko sepele yang bisa berdampak besar ini semuanya bisa diminimalisir dengan Sistem informasi.

Mempermudah penyusunan administratif

Meski tidak sebesar rumah sakit, klinik juga tetap butuh tata kelola administratif yang terstruktur. Jika tidak, maka bisa berdampak fatal pada keberlangsungan klinik di masa depan.

Administratif yang terstruktur dan disiplin juga akan memudahkan klinik saat nanti harus menghadapi akreditasi.

Semua itu bisa dilakukan dengan menginvestasikan sistem ini pada klinik sedari awal. Dengan menerapkan sistem yang demikian, maka seluruh data terkait pasien.

penanganan tenaga kesehatan, hingga keluarnya obat pun akan terkelola dengan baik. Jauh lebih mudah daripada rekam medis manual yang rentan rusak dan terjadi data bertumpuk.

Klinik memang tidak sebesar rumah sakit, walau begitu tidak ada salahnya untuk menerapkan sistem administratif yang praktis dan efisien melalui sistem informasi rekam medis.

Setidaknya empat hal di atas sudah menunjukkan betapa pentingnya sistem ini untuk diterapkan di klinik dan fasilitas kesehatan lainnya.

vmedis.com

Share