Pentingnya Sistem Informasi Penjualan Obat basis Web Apotek

Sistem Informasi Apotek

Sistem Informasi Apotek – Memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan teknologi digital membawa dampak di berbagai sektor. Termasuk dalam pengelolaan penjualan obat di apotek. Saat ini banyak apotek menggunakan aplikasi apotek untuk kelancaran transaksi dan melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

Mengapa sistem informasi penjualan obat berbasis web ini sangat penting untuk apotek Anda? Berikut beberapa alasannya yang bisa Anda simak. 

Klasifikasi penjualan obat

Dalam hal mengklasifikasi jenis obat apa saja yang dijual tentu tidaklah mudah. Anda harus mengetahui terlebih dahulu mana yang termasuk jenis obat kategori umum, racikan dari dokter maupun obat yang sesuai resep yang dianjurkan oleh dokter.

Adanya aplikasi apotek tentu akan memudahkan Anda untuk mencari obat yang dijual berdasarkan klasifikasi tersebut. Dengan kata lain Anda tidak perlu mencarinya satu per satu. Cukup memasukkan nama obat dalam aplikasi apotek tersebut maka akan muncul obat apa yang akan kita jual.

Mempermudah dalam transaksi pembayaran

Kemudahan lainnya yang diberikan oleh sistem informasi penjualan obat berbasis web adalah sistem pembayaran. Di sini Anda dapat memberikan pilihan kepada konsumen dalam hal pembayaran obat yang sudah dibeli tersebut. Semisalnya menggunakan pembayaran melalui bank, tunai, atau pembayaran secara kredit.

Apabila ada konsumen melakukan pembayaran secara kredit, Anda bisa memasukkan kapan konsumen tersebut melakukan pembayaran selanjutnya pada aplikasi apotek.

Dengan begitu, jika Anda lupa kapan konsumen harus membayar lagi Anda bisa meliihatnya dalam aplikasi apotek karena semua sudah tercatat dengan baik dan rapi.

Dapat mencetak faktur secara otomatis

Melalui aplikasi apotek semua data dari hasil penjualan obat akan tersusun secara otomatis. Anda hanya memasukkan hal-hal penting saja dalam menu yang ada. Semisalnya saja mengenai harga obat, jumlah pesanan, jumlah diskon maupun pajaknya.

Kemudian Anda memasukkan nomor faktur dari transaksi penjualan obat tersebut. Setelah itu, Anda tinggal memilih menu untuk mencetak faktur atau invoice secara langsung, cepat dan mudah. Invoice tersebut merupakan sekumpulan data yang Anda masukkan tadi.

Anda pun bisa memilih ukuran kertas untuk melakukan pencetakan invoice sebagai bukti penjualan obat Anda kepada konsumen.

Meminimalisir kesalahan

Manfaat terakhir bila Anda menggunakan aplikasi apotek terbaik maka akan meminimalisir kesalahan yang dilakukan ketika melakukan transaksi. Hal ini sering terjadi jika Anda melakukan penjualan obat dan mencatatnya secara manual.

Bisa saja Anda salah menuliskan harga obat maupun jumlahnya sehingga nanti berpengaruh terhadap pendapatan atau ketika proses audit penjualan di akhir bulan. Bila hal ini Anda biarkan tidak menutup kemungkinan menambah kerugian yang ada.

Berbeda halnya ketika Anda menggunakan sistem informasi penjualan obat berbasis web. Semua data yang ada akan terintegrasi dengan baik dan otomatis.

Sehingga kesalahan-kesalahan yang telah disebutkan di atas dapat terkurangi. Dengan begitu, Anda bisa lebih nyaman ketika melakukan proses audit penjualan obat dalam periode tertentu.

Aplikasi apotek memang memiliki banyak keuntungan khususnya bagi penjualan obat. Maka dari itu, sebaiknya Anda perlu memilih aplikasi apotek yang memiliki fitur dan layanan terbaik.

Salah satunya di Indonesia yang dapat Anda jadikan mitra untuk meningkatkan pelayanan apotek Anda adalah Vmedis.

Sementara untuk tutorial bagaimana melakukan penjualan melalui aplikasi apotek, Anda bisa melihat tutorialnya di sini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam meningkatkan sistem penjualan obat secara terpadu.

Share