Mencatat Hutang Piutang Apotek, Pentingkah Dilakukan?

Hutang Piutang Apotek

Ketika menjalan sebuah bisnis, Anda tidak terlepas dari kegiatan mencari modal, menghitungkan income, hingga mengelola hutang dan piutang. Melakukan proses hutang piutang adalah salah satu hal yang dilakukan sejumlah pemilik bisnis untuk tujuan memperlancar proses kegiatan bisnis.

Hal ini juga tidak selalu negatif, namun bisa juga menjadi salah satu sumber mengelola keuangan bisnis, termasuk bisnis apotek Anda. Lantas, pentingkah untuk mencatat hutang dan piutang apotek? Yuk, ketahui informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa itu hutang dan piutang?

Sebagai pemilik bisnis Anda tentu sudah mengenal istilah tersebut, bukan? Sekedar mengingatkan, hutang secara umum merupakan pinjaman uang yang dilakukan seseorang atau bisnis (peminjam biasanya disebut debitur). Sedangkan piutang merupakan sebuah jenis transaksi keuangan yang berkaitan erat dengan penagihan utang kepada seseorang atau perusahaan.

Apa contohnya?

Dalam kegiatan usaha, contoh hutang dan piutang cukup banyak, tidak terkecuali dalam bisnis apotek. Saat mengelola bisnis apotek, Anda mungkin melakukannya untuk mendorong kelancaran bisnis. Contoh, ketika Anda ingin mengembangkan bisnis apotek namun terkendala masalah modal, Anda perlu meminjam sejumlah uang ke bank untuk modal tersebut. Saat pinjaman disetujui, Anda akan mendapatkan sejumlah uang dari bank yang kemudian akan menjadi utang. Anda pun harus membayar kembali utang tersebut kepada pihak bank.

Pentingkah dicatat?

Mencatat hutang dan piutang apotek tentu sangat penting dilakukan. Bisnis apotek Anda tentu berkaitan dengan hal ini. Jika apotek Anda lupa membayar hutang, maka hal tersebut bisa berpengaruh negatif terhadap bisnis Anda, khususnya terhadap pihak supplier. Sedangkan lupa menagih piutang akan membawa kerugian terhadap kondisi keuangan bisnis apotek Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk rutin membayar maupun menagih hutang.

Di mana Anda bisa mencatat hutang dan piutang apotek?

Anda bisa menggunakan aplikasi apotek yang menyediakan menu laporan pembayaran hutang dan piutang untuk membantu Anda. Menu laporan pembayaran hutang bertujuan untuk merekap semua data pembayaran hutang yang dilakukan oleh binsis apotek Anda terhadap supplier. Jika Anda memiliki jenis laporan ini, sebagai pemilik bisnis apotek Anda akan mengantongi bukti dalam setiap transaksi pembayaran hutang terhadap supplier dan mendapatkan reminder yang dibutuhkan.

Tidak hanya laporan pembayaran hutang yang bisnis apotek Anda butuhkan, namun juga laporan pembayaran piutang. Jenis laporan tersebut bisa bisnis apotek Anda manfaatkan untuk mencatat semua faktur pembayaran piutang yang dilakukan oleh konsumen.

Melalui bukti tersebut, baik Anda sebagai pemilik apotekmaupun konsumen akan sama-sama mengetahui dengan jelas mengenai rincian piutangantar kedua belah pihak. Menu laporan pembayaran piutang yang dilengkapi dengan remindersaat tiba waktu untuk membayar piutang juga penting Anda temukan.

Jika Anda sedang mencari aplikasi apotek yang bisa diandalkan untuk kegiatan hutang dan piutang, software apotek VMedis bisa Anda pertimbangkan. Aplikasi apotek ini menyediakan fitur keuangan yang dilengkapi dengan sejumlah fitur data hutang dan piutang apotek yang akan membantu Anda mengelola lebih baik, lengkap dengan laporan laba rugi, laporan neraca keuangan, hingga jurnal keuangan. Tunggu apalagi? Yuk, gunakan aplikasi apotek VMedis yang sudah terbukti dan terpercaya sekarang juga!

Share