Mau Stok Opname Tanpa Tutup Apotek? Simak Caranya!

Stok opname memegang peranan penting dalam bisnis apotek. Melalui stok opname obat-obatan, maka Anda bisa menghitung persediaan fisik stok obat yang ada di dalam apotek. Selain membantu Anda dalam membuat laporan dan pembukuan, melalui kegiatan ini maka sistem pengendalian internal apotek dapat berjalan lancar. Stok opname memang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pelaksanaannya. Lantas, bagaimana cara melakukan stok opname tanpa perlu menutup apotek dan bisa dilakukan melalui smartphone? Yuk, simak!

Masuk ke aplikasi Vmedis Mobile

Bagi pemilik apotek yang sudah mengunduh aplikasi Vmedis mobile, langsung saja klik menu dashboard pada aplikasi tersebut. Kemudian pilih menu ‘Utilitas’, setelah itu dilanjutkan dengan klik menu ‘Stok Opname’ di bawahnya. Dari sana kemudian muncul pilihan yang dapat Anda lakukan untuk melakukan stok opname obat. Cara tersebut bisa dengan mengetik barcode atau menuliskan nama jenis atau merek obat yang dimaksud.

Dengan menggunakan sistem stok opname obat di apotek dengan cara mobile seperti ini, Anda tidak perlu menutup apotek. Jadi, dengan kata lain dapat menghemat waktu untuk melakukan kegiatan lainnya secara bersamaan. Semisalnya, saat satu deret rak obat akan dilakukan stok opname, untuk satu deret rak lainnya Anda bisa melakukan pengecekan penjualan. Selain menghemat waktu juga menghemat tenaga dengan menggunakan aplikasi apotek dari Vmedis.

Lewat barcode di kemasan obat

Melakukan stok opname menggunakan barcode adalah terobosan baru yang sangat membantu pemilik dan pengelola apotek. Caranya pun juga sangat mudah dilakukan, Anda cukup pilih obat yang akan dilakukan stok opname. Scan barcode pada umumnya menggunakan alat untuk memindai kode-kode barcode, namun dengan Vmedis Apotek, Anda bisa melakukan pengecekan stok opname hanya dengan menggunakan kamera smartphone.

Dari proses pengecekan barcode ini akan muncul data-data yang ditampilkan seperti nama obat, kode, dan kategorinya. Kemudian Anda harus mengisi ‘Stok Nyata’, semisalnya untuk obat multivitamin ada 20 botol di rak obat apotek, maka di kolom ‘Stok Nyata’ pada aplikasi Vmedis Mobile tersebut Anda juga harus memasukkannya dalam jumlah yang sama, yakni 20 botol. Lalu, isilah dengan keterangan pada obat tersebut. Contohnya, ada dua botol obat yang akan kadaluarsa, kemudian klik ‘Proses’. Maka secara otomatis akan tersimpan dalam aplikasi.

Mengetikkan nama obat di aplikasi apotek

Cara kedua yang bisa Anda lakukan selain menggunakan barcode adalah dengan memasukkan nama atau merek obat tersebut. Biasanya, cara ini dilakukan ketika barcode pada kemasan tidak bisa terbaca dengan jelas. Maka dari itu, Anda perlu memasukkan nama dan jenis obat yang akan dilakukan stok opname tersebut.

Sebenarnya cara ini sama mudahnya dengan melakukan scan barcode, namun Anda harus berhati-hati dalam memasukkan nama atau merek obat tersebut. Hal ini dikarenakan terkadang meskipun namanya sama, tetapi kegunaan obat tersebut berbeda. Kemudian masukkan keterangan, semisalnya jumlah stok aman dan tidak ada kadaluarsa, maka bisa diisi dengan keterangan ‘stok aman’. Kemudian klik ‘Proses’ dan data akan tersimpan secara otomatis. Data yang masuk tersebut akan muncul secara sinkron, baik di mobile dan software apotek di komputer. Selain jumlah stok obat, dalam stok opname ini juga tertera harga dari obat-obatan yang ada.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan stok opname obat tanpa harus tutup apotek. Untuk semakin mudah melakukan stok opname, Anda juga bisa memilih Paket Unlimited Vmedis. Dengan memilih paket tersebut, Anda juga bisa mendapatkan gratis barcode scanner, printer kasir, dan kertas struk setara 500 meter. Sangat mudah, bukan?

Share