Mana yang Lebih Baik, Simpan Obat di Satu Gudang atau Banyak Gudang?

 

Gudang menjadi fasilitas penting sebagai tempat untuk simpan obat bagi para pemiliki apotek. Hal ini tak lepas dari fungsinya sebagai fasilitas penyimpanan dan pengiriman stok obat. Kondisi gudang juga harus dibuat sedemikian rupa agar obat yang disimpan di dalamnya tidak mengalami kerusakan. Semakin banyak stok obat yang Anda miliki, tentu kebutuhan ruang simpan obat juga semakin meningkat. Perlukah melakukan penambahan gudang simpan obat untuk apotek? Atau tetap menggunakan satu gudang penyimpanan dan meningkatkan efisiensi ruang?

Kelebihan dan kekurangan simpan obat dalam satu gudang

Memiliki satu gudang akan menghemat biaya perawatan, namun meningkatkan risiko kerugian yang mungkin terjadi.

Kelebihan:

Memiliki satu gudang penyimpanan memudahkan Anda untuk melakukan pengawasan keluar masuk barang dan menghitung jumlah stok obat yang dimiliki. Pengelolaan gudang juga lebih bisa terfokuskan. Anda tidak butuh banyak waktu dan tenaga untuk merawat gudang, mengecek stok, dan yang lainnya.

Kekurangan:

Dengan hanya memiliki satu gudang penyimpanan saja, maka risiko yang Anda miliki semakin tinggi. Misalnya saja ketika terjadi kebakaran, bencana alam, atau kebobolan. Anda akan mengalami kerugian yang cukup tinggi. Kebakaran dan bencana alam bisa saja merusak seluruh stok obat yang ada di dalam gudang, sedangkan Anda tidak memiliki persediaan obat lagi di gudang yang berbeda.

Kelebihan dan kekurangan simpan obat dalam banyak gudang

Memiliki banyak gudang bisa menjadi salah satu tolok ukur bahwa bisnis apotek yang Anda jalankan mencapai kesuksesan.

Kelebihan:

Memiliki banyak gudang penyimpanan berarti Anda memiliki ruangan yang leluasa untuk dijadikan tempat simpan obat. Anda juga bisa menambah variasi jenis obat sebagai persediaan apotek. Sederhananya, semakin luas area simpan obat yang dimiliki, semakin banyak juga jumlah obat yang bisa Anda simpan. Sangat cocok diimplementasikan dalam rencana pengembangan bisnis yang lebih besar seperti misalnya pembukaan cabang baru.

Kekurangan: semakin banyak gudang simpan obat yang Anda miliki, tentu biaya perawatan dan investasi yang dibutuhkan semakin besar. Anda harus melakukan pengadaan rak tempat meletakkan obat di dalam gudang tersebut. Selain itu, dengan banyaknya gudang yang Anda miliki, pengawasan terhadap pergerakan obat juga semakin rumit, Akan sangat menghabiskan waktu jika dilakukan secara manual.

Software apotek VMedis

Jika Anda memiliki banyak gudang penyimpanan obat yang berada di lokasi berbeda, tentu pengawasan mutu, kualitas, tanggal kedaluwarsa, serta stok obat menjadi kian rumit. Namun hal tersebut tidak akan merepotkan jika Anda menggunakan software apotek VMedis. Software apotek VMedis akan membantu Anda melakukan kontrol di banyak gudang penyimpanan. VMedis memang memungkinkan Anda untuk memasukkan informasi banyak gudang dan juga melakukan mutasi stok obat yang dilakukan antar gudang,

Anda bisa menambahkan berapapun jumlah gudang tempat simpan obat pada aplikasi VMedis, VMedis juga memungkinkan Anda untuk memberikan penamaan gudang simpan obat, lokasinya, nama kota, telepon, serta status keaktifannya. Selanjutnya, di setiap gudang yang dimiliki, Anda bisa melakukan pencatatan mutasi obat yang dilakukan antar gudang. Hanya perlu input data jenis mutasi, gudang awal obat berada, lokasi, gudang tujuan, dan lokasinya.

Menggunakan software apotek seperti VMedis tentu akan sangat meringankan tugas Anda untuk melakukan pengecekan, kontrol, serta pengawasan terhadap pergerakan obat. Terlebih adanya sistem mutasi antar gudang yang bisa dilakukan kontrol melalui software. Anda tak perlu pusing atau repot lagi mengawasi pergerakan obat dari multi gudang simpan obat yang dimiliki. Sangat efektif dan efisien bukan? Gunakan VMedis untuk pengawasan gudang simpan obat sekarang juga!

Share