Bolehkah Beli Obat Tanpa Resep Dokter?

 

Di dalam musim pancaroba seperti ini, rasanya tubuh menjadi semakin rentan terserang penyakit. Bayangkan saja, ketika pagi hingga siang hari cuacanya cerah, tiba-tiba hanya dalam satu jam bisa berubah menjadi hujan deras. Kondisi ini membuat penyakit bisa dengan mudah datang.

Hal ini juga membuat banyak orang yang datang ke dokter untuk memeriksakan tubuh mereka yang mulai lemas disertai berbagai masalah lainnya. Dengan memeriksakan diri ke dokter, maka Anda akan diberikan obat sesuai resep yang disimpulkan dari kondisi tubuh Anda.

Membeli obat yang terbaik untuk kondisi kesehatan tubuh memang lebih disarankan menggunakan resep dokter sehingga bisa mendapatkan hasil terbaik setelah meminum obat secara berkala. Sayangnya, banyak juga orang yang memilih untuk tidak menggunakan resep dokter saat membeli obat. Perlu diingat, terkadang apa yang Anda rasakan ketika sakit tidak bisa disimpulkan secara sederhana saja. Resep dari dokter pun juga tetap perlu.

Namun kembali ke pertanyaan awal, apakah boleh membeli obat tanpa resep dokter? Di bawah ini, ada penjelasan lebih lengkap tentang masalah yang cukup sering dialami oleh banyak orang karena terlalu malas memeriksakan diri ke dokter.

Obat bisa dibeli tanpa resep dokter

Pada dasarnya, obat yang dijual di apotik bisa dibeli tanpa resep dokter, khusus untuk obat-obat yang memang diperbolehkan untuk dijual bebas. Namun tidak untuk obat-obatan keras. Ya, obat keras adalah sebutan untuk obat yang harus menggunakan resep dokter agar bisa dibeli oleh Anda.

Dari obat keras inilah, maka Anda akan mendapatkan dosis yang lebih tepat untuk menyembuhkan penyakit yang diderita sehingga Anda bisa semakin cepat sembuh. Sayangnya, banyak orang yang tidak peduli akan hal ini. Mereka lebih memilih untuk membeli obat keras tanpa resep dokter ke apotek.Belum lagi ketika masih banyak apotek yang mau saja menjual obat keras tanpa resep dokter kepada konsumen, padahal itu sudah sangat jelas dilarang.

Hindari membeli obat keras tanpa resep dokter

Jika memang ingin sembuh dengan kondisi yang lebih baik, sudah seharusnya Anda menghindari membeli obat keras tanpa resep dokter. Himbauan ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan dosis yang tepat untuk tubuh demi bisa menyembuhkan penyakit yang menyerang.

Setiap pasien yang datang ke dokter bisa memiliki penyakit yang sama, namun terkadang ada dosis yang berbeda diberikan kepada masing-masing pasien. Inilah yang membuat resep dokter sangatlah penting jika Anda ingin sembuh lebih cepat. Jangan mengambil kesimpulan sendiri dari penyakit yang diderita hingga membeli obat keras tanpa resep dokter karena bisa berbahaya juga untuk tubuh Anda.

Jangan sembarangan memilih obat

Tidak hanya masalah dosis obat saja yang bisa berbahaya untuk tubuh, jenis obat yang salah pilih pun juga bisa berbahaya juga. Berbeda penyakit maka beda pula obat yang digunakan. Sayangnya, banyak yang tidak peduli akan hal ini. Mereka malah memakai satu obat keras untuk penyakit yang berbeda. Karena itu, Anda perlu mencari apotek yang memang terpercaya agar bisa mendapatkan pilihan obat terbaik berdasarkan resep dokter.

 

Apotek yang profesional seharusnya menggunakan aplikasi apotek terpercaya seperti Vmedis yang bisa membuat kinerja mereka lebih baik dan bisa melayani Anda selaku konsumen dengan sama baiknya. Pengelolaan stok obat dan juga keuangan yang baik bisa dilakukan dengan Vmedis juga.

Share