Berapa Kali Anda Harus Melakukan Stock Opname di Apotek Anda?

Stock Opname Apotek

Stock Opname Apotek – Setiap bisnis atau perusahaan menerapkan sistem dan prosedur yang berbeda. Sistem dan prosedur yang digunakan bergantung pada kebijakan bisnis atau perusahaan masing-masing. Untuk bisnis apotek sendiri, salah satu sistem atau prosedur yang penting dilakukan adalah stock opname. Apa itu stok opname dan berapa kali Anda harus melakukannya di apotek Anda? Yuk, baca di bawah ini informasi selengkapnya!

Apa itu stock opname?

Jika Anda sudah lumayan lama berkecimpung dalam bisnis apotek atau bisnis lainnya, mungkin Anda sudah mengenal istilah stock opname. Stok opname adalah kegiatan menghitung manual barang dagang sebuah bisnis atau perusahaan. Jadi, melalui Stok opname pihak manajemen bisnis atau perusahaan dapat mengetahui jumlah barang yang sebenarnya. Pada akhir proses ini pun, terdapat kegiatan pencocokan antara perhitungan manual dan perhitungan sistem.

Oleh karena itu, setelah stok opname selesai dilakukan, selisih yang terjadi bisa segera diketahui. Selisih bisa terjadi karena kemungkinan terdapat transaksi yang belum dicatat, atau terjadi kecurangan dalam persediaan. Dengan begitu, bisa diambil langkah selanjutnya untuk memastikan kelancaran bisnis. Stok opname sendiri tidak hanya dilakukan dalam bisnis apotek, namun juga bisa digunakan oleh semua jenis perusahaan untuk menghitung fisik barang yang dijual.

Apa tujuan stock opname?

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, tujuan kegiatan stok opname adalah untuk mengetahui jumlah persediaan barang yang dijual oleh bisnis atau perusahaan. Namun, tujuan dilakukannya Stok opname bukan hanya itu saja. Stok opname juga dilakukan dengan tujuan memeriksa kas, aktica, piutang, hingga hutang bisnis apotek Anda. Tujuan Stok opname bisa jadi berbeda, bergantung pada jenis bisnis atau perusahaan yang menggunakannya.

Dalam bisnis apotek, tidak jarang petugas yang ditunjuk melakukan Stok opname dilakukan secara independen oleh petugas audit agar dapat memberikan hasil yang dipercaya dan akurat. Nantinya, apabila setelah dilakukan Stok opname terdapat selisih atau perbedaan, maka tindak lanjut terhadap selisih tersebut akan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing bisnis. Jika dilakukan dengan baik, maka stock opname dapat menjamin bisnis apotek Anda berjalan dengan lancar.

Berapa kali Anda harus melakukan stock opname?

Mengingat tujuan stock opname yang penting, penting juga bagi Anda untuk secara rutin melakukan stock opname. Namun, bukan berarti Anda perlu melakukan Stok opname setiap hari. Umumnya, kegiatan Stok opname ini dilakukan pada akhir tahun untuk mengetahui persediaan apotek secara menyeluruh sebelum memulai bisnis di tahun baru. Namun, ada pula perusahaan yang melakukan Stok opname setiap tiga hingga empat bulan sekali.

Jadi, berapa sering sebaiknya bisnis apotek Anda melakukan Stok opname? tentu jawaban atas pertanyaan ini bergantung pada tingkat kepentingan dan kemampuan bisnis apotek Anda dalam melakukan kegiatan Stok opname. Jika bisnis apotek Anda memiliki banyak barang persediaan, maka waktu yang dibutuhkan untuk melakukan Stok opname pun semakin besar. Jadi, sesuaikan jumlah bisnis apotek Anda melakukan Stok opname sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Jika bisnis apotek Anda menerapkan sistem pengendalian internal yang lebih tertata, Anda mungkin bisa mencoba melakukan Stok opname sebanyak tiga atau empat bulan sekali. Bila memungkinkan, Anda juga bisa melakukan Stok opname disela hari kerja, dengan catatan hanya dapat menghitung sebagian persediaan saja dan bisa dilakukan apabila bisnis apotek Anda telah menerapkan sistem komputerasi yang mendukung kegiatan Stok opname ini.

Itulah informasi tentang Stok opname bagi apotek Anda yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin melakukan kegiatan Stok opname lebih mudah, Anda bisa menggunakan VMedis Mobile yang menyediakan fitur stock opname. Anda bisa melakukan stock opname setiap hari dan memastikan persediaan bisnis apotek Anda cukup dan berjalan sesuai harapan. Semoga bermanfaat!

 

Share