Aplikasi Apotek Berbasis Web Yang Bisa Anda Manfaatkan Untuk Bisnis

Sering kian ditinggalkannya pengelolaan apotek secara manual, berbagai aplikasi apotek terus bermunculan dengan menawarkan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Penggunaan aplikasi dalam pengelolaan apotek kian dilirik karena memungkinkan pembuatan database yang lengkap serta perhitungan keuangan yang akurat.

Jika pada awalnya untuk dapat menggunakan aplikasi apotek user diharuskan membeli dan melakukan instalasi pada sebuah perangkat, kini ada inovasi baru yang tidak mengharuskan kedua hal tersebut. Inovasi tersebut adalah aplikasi apotek berbasis web yang bernama VMedis.

Keunggulan Aplikasi Apotek Berbasis Web

Aplikasi Apotek Berbasis WebAda banyak alasan yang membuat user mulai beralih dari aplikasi pengelolaan apotek gaya lama ke aplikasi berbasis web VMedis. Alasan pertama adalah aplikasi apotek berbasis web bekerja secara online. Sistem online ini membuat aplikasi bisa dengan mudah diakses di mana saja dan kapan saja. Pasalnya, aplikasi tidak perlu diinstal pada satu perangkat khusus. Hal ini tentu juga menjadi nilai tambah lain karena dapat menghemat anggaran untuk pembelian perangkat. Selama masih terkoneksi dengan internet, maka aplikasi apotek dengan basis website bisa digunakan secara fleksibel.

Sistem online pada aplikasi apotek berbasis web juga memungkinkan antar bagian yang ada di apotek terkoneksi secara realtime. Bagian keuangan dan bagian penjualan misalnya. Bagian penjualan bisa melaporkan dengan segera apabila ada stokobat yang habis sehingga bagian keungan dapat lekas menganggarkan stok ulang untuk obat tersebut.

Keamanan database dan berbagai dokumen apotek jauh lebih terjamin jika menggunakan aplikasi berbasis web. Pasalnya, aplikasi berbasis web akan membackup berbagai data secara berkala setiap harinya. Sehingga user terhindar dari kekhawatiran hilangnya dokumen penting jika suatu saat perangkat yang dipasangi aplikasi mengalami gangguan.

Keunggulan lain yang membuat aplikasi apotek berbasis web kian banyak dilirik adalah besarnya kemungkinan untuk memperoleh dan menggunakan aplikasi secara gratis. Hal yang perlu dilakukan hanyalah mencari sourcecode yang banyak tersedia secara gratis di internet. Setelah itu ikuti tahap tahap yang diminta sebelum akhirnya aplikasi siap dioperasikan.

Proses update pada aplikasi apotek berbasis web tentu juga jauh lebih mudah. Ketika membuka web aplikasi, biasanya versi terbaru akan secara otomatis terpasang dan dapat langsung dioperasikan. Lain halnya jika menggunakan aplikasi yang diinstal, ada tahapan tertentu yang harus dilakukan untuk update aplikasi. Beberapa penyedia jasa aplikasi bahkan memasang harga untuk update versi terbaru dari produknya.

Jika memilih menggunakan aplikasi berbasis web, user juga tak perlu kalut dengan kemungkinan serangan malware. Selama jaringan internet yang digunakan adalah jaringan yang aman, maka semua database dan rekam transaksi yang disimpan menggunakan sistem cloud akan tetap baik baik saja.

Kendati memiliki cukup banyak keunggulan, aplikasi berbasis web ini tentu tak terhindar dari kekurangan. Keharusan terkoneksi secara online tentu akan menjadi masalah jika jaringan sedang mengalami gangguan. Memastikan jaringan internet tetap stabil adalah kewajiban utama user yang menggunakan aplikasi berbasis web agar aplikasinya bisa tetap lancar beroperasi.

Masalah lain yang juga berpotensi untuk timbul adalah menjadi korban dari kejahatan siber. Kejahatan siber yang dimaksud bisa berupa pencurian data hingga peretasan. Pengguna aplikasi berbasis web perlu sangat waspada terhadap berbagai undangan untuk berinteraksi di dunia maya.

Pada akhirnya keputusan hendak memilih aplikasi terinstal atau berbasis web adalah sepenuhnya keputusan pengguna. Apapun jenis yang dipilih, VMedis merupakan solusi terbaik bagi Anda yang ingin mencari software untuk apotek terbaik di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.