Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Software Klinik?

 

Perkembangan sistem informasi klinik di Indonesia hingga saat ini terus mengalami peningkatan pesat. Pada awalnya, sistem informasi klinik  berbasis komputer di Indonesia mulai digunakan sejak era 80-an. Namun, sejak memasuki era digital seperti sekarang, muncul platform baru yakni software klinik.

Software klinik banyak digunakan di klinik maupun rumah sakit karena memiliki keunggulan bila dibandingkan dengan penanganan secara konvensional. Paling penting adalah dari segi efisiensi waktu sehingga pelayanan semakin maksimal. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan software klinik tersebut. Berikut ulasannya yang bisa Anda simak.

Kemampuan sumber daya manusia

Hal pertama dan cukup penting dalam penggunaan software klinik adalah adanya sumber daya manusia yang handal. Perubahan zaman dan perkembangan teknologi yang berjalan begitu cepat saat ini, membuat siapa saja harus siap menghadapi konsekuensinya. Termasuk pula dalam dunia medis maupun rumah sakit dan juga klinik.

Bila sebelumnya semua urusan yang berkaitan dengan administrasi, rekam medis pasien, urusan laboratorium hingga obat-obatan dilakukan secara manual, kini mulai bergeser ke arah digital. Penggunaan dengan menggunakan platform digital ini dinilai lebih memudahkan pekerjaan klinik. Maka dari itu, penting untuk membekali sumber daya manusia secara berkala dalam sebuah klinik untuk lebih memahami penggunaan dari software klinik.

Kemampuan perangkat dalam instalasi software

Selain sumber daya manusia, hal kedua yang perlu diperhatikan adalah kemampuan sarana dan prasarananya. Salah satunya adalah kemampuan perangkat keras maupun perangkat lunak dalam instalasi sebuah software klinik. Perkembangan teknologi maupun komunikasi juga menyebabkan perubahan dalam perangkat yang digunakan.

Oleh karena itu, Anda juga memperhatikan perangkat yang ada di klinik. Biasanya, agar software klinik mampu bekerja dan berjalan dengan baik perangkat harus memiliki spesifikasi tertentu. Contohnya saja standar umum yang digunakan adalah memiliki prosesor pentium 4:2.0 Ghz ke atas. Di samping itu, kapasitas memori penyimpanan setidaknya 1GB dan hardisk space sekitar 10GB serta memiliki operating system windows XP/Vista/Windows 7.

Strategi pengembangan sistem

Setelah kedua hal di atas terpenuhi, langkah berikutnya yang harus diperhatikan adalah bagaimana merancang strategi pengembangan sistem kedepannya. Ingat, semakin kompleks cakupan dalam software klinik maka semakin tinggi pula strategi pengembangannya. Contohnya saja sistem operasional, perincian keuangan, dan tata kelola database pasien.

Anda juga perlu memperhatikan faktor dalam merancang sebuah strategi pengembangan tersebut. Beberapa di antaranya adalah keadaan yang dihadapi, kapan sistem software klinik dapat dioperasikan serta diintegrasikan dan bagaimana antisipasi menghadapi permasalahan di masa mendatang.

Jaringan internet yang memadai

Hal yang perlu diperhatikan keempat adalah adanya jaringan yang memadai. Software klinik seringkali bekerja bergantung pada jaringan internet yang digunakan. Kecepatan jaringan internet inilah yang berpengaruh besar terhadap kinerja software klinik. Apabila jaringan internet baik maka Anda bisa bekerja dengan maksimal menggunakan software tersebut, begitu pun sebaliknya bila jaringan internet sedikit terganggu maka akan menghambat kinerja.

Namun, Anda pun tidak perlu khawatir karena beberapa software klinik terbaik masih dapat bekerja meskipun dalam keadaan offline. Dengan begitu, database pasien, operasional klinik, obat-obatan serta  tata kelola lainnya termasuk urusan keuangan klinik masih terdata dengan baik bila diperlukan sewaktu-waktu.

Pilih software terpercaya dan memiliki reputasi baik

Terakhir dan wajib Anda lakukan saat menggunakan software klinik adalah pilihlah yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Untuk itu, Anda bisa mengeceknya langsung di situs penyedia software klinik tersebut. Kemudian perhatikan testimoni para pengguna lainnya, bila banyak testimoni positif maka bisa dipastikan software klinik tersebut layak Anda pilih.

Selanjutnya, perhatikan pula fitur-fitur yang ditawarkan. Biasanya software klinik menawarkan beberapa fitur hingga multiplatform. Dengan begitu, Anda bisa lebih efisien dalam melakukan pendataan tata kelola di sebuah klinik.

Semoga hal di atas dapat membantu Anda dalam penggunaan software klinik terbaik dan mampu memaksimalkan kinerja.

Share